Standar Kompetensi Lulusan Operator Komputer
Bidang Pekerjaan/Jabatan : Aplikasi Perkantoran/Operator Komputer
Level : I
Judul Unit : Mengoperasikan Sistem Operasi
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Uraian
1. Peserta didik mampu memahami konsep dasar komputer
1.1. Pemahaman definisi perangkat keras, perangkat lunak dan teknologi informasi
1.2 Pemahaman konsep dasar jaringan dengan benar
2. Peserta didik mampu mengoperasikan komputer
2.1. Kemampuan dalam menghidupkan, menjalankan dan mematikan komputer
2.2. Kemampuan menjalankan sistem operasi
2.3. Kemampuan membuat, menghapus, menduplikasi, memindahkan, mencari dan mengganti file sesuai kebutuhan
2.4 Kemampuan melakukan konfigurasi komputer (add/remove program, font, display, keyboard, mouse, printer, regional setting, date/time, sound)
3. Peserta didik mampu menjaga keamanan dan pemeliharaan data / komputer
3.1. Mampu menggunakan/merubah password
3.2. Mampu menggunakan system tools
3.3 Mampu menggunakan program anti virus
Level : II
Judul Unit : Mengoperasikan Software Pengolah kata (wordprocessing)
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Uraian
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai sofware yang termasuk dalam pengolah kata
1.1 Pengenalan dan pengoperasian salah satu dari berbagai ragam software yang termasuk dalam kelompok pengolah kata
1.2
2. Peserta didik mampu membuat dokumen
2.1. Dokumen baru dapat dibuat, disimpan, dibuka dan diedit
2.2. Halaman diatur sesuai kebutuhan
3. Peserta didik mampu menggunakan fungsi menu dan toolbar
3.1. Menu bar dan toolbar dapat digunakan dan dipahami dengan baik
3.2.
4. Peserta didik mampu membuat naskah dengan format Indentasi (Format paragraf, bullets, numbering, tabulasi)
4.1. Format paragraf dimodifikasi sesuai kebutuhan
4.2. Bullet, numbering, tabulasi dibuat dengan benar
4.3. Header and footer dibuat dengan benar
5. Peserta didik mampu membuat naskah dengan format kolom
5.1. Jumlah kolom diidentifikasikan dan dibuat
5.2. Kolom, jarak kolom dan garis antar kolom dapat dimodifikasi sesuai dengan format yang ada
6. Peserta didik mampu membuat naskah dengan format tabel
6.1. Jumlah baris dan kolom diidentifikasi dan dibuat
6.2. Sel digabung, dipecah, dihapus
6.3. Baris dan kolom ditambah, dikurangi
6.4. Tabel diberi bingkai dan diberi warna latar dapat dilakukan dengan baik.
7. Peserta didik mampu membuat naskah surat massal
7.1. Dokumen utama dan data source terbentuk
7.2. Fields nama disisipkan pada tempat yang benar di dokumen utama
7.3 Dokumen utama dan data source dapat digabungkan dan dicetak
8. Peserta didik mampu menggunakan fitur
8.1. Picture, object dan wordart dapat disisipkan pada naskah dengan benar
9. Peserta didik mampu mencetak dokumen
9.1. Dokumen dapat ditampilkan pada media layar dan dicetak ke media kertas
9.2. Mencetak dengan berbagai ukuran kertas
Level : III
Judul Unit : Mengoperasikan Software Pengolah Angka (Spreadsheet)
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Uraian
1. Peserta didik mampu mengenal dan mengetahui berbagai sofware yang termasuk dalam pengolah data angka
1.1. Salah satu dari berbagai ragam software yang termasuk dalam kelompok pengolah data angka dapat dikenali dan dioperasikan
2. Peserta didik mampu membuat lembar kerja dan mengetahui bagian-bagian lembar kerja
2.1. Lembar kerja baru dapat dibuat, diatur, disimpan, dibuka kembali
2.2. Fungsi bagian – bagian lembar kerja dapat diketahui serta dapat dimodifikasi
3. Peserta didik mampu menggunakan fungsi menu dan toolbar
3.1. Menu bar dan toolbar dapat digunakan dan dipahami dengan baik
4. Peserta didik mampu menggunakan fungsi format
4.1. Tampilan angka, tanggal/waktu, mata uang, persen dengan format sel number
4.2. Tampilan posisi teks dengan format sel alignment
4.3. Tampilan huruf dengan format sel font
4.4. Tampilan bingkai dengan format sel border
4.5. Tampilan warna latar dengan format sel pattern
5. Peserta didik mampu menggunakan fungsi operasi aritmatika
5.1 Operasi aritmatika dapat digunakan untuk melakukan perhitungan
6. Peserta didik mampu menggunakan fungsi statistik
6.1. Fungsi statistik dapat digunakan untuk menyelesaikan operasi statistik (pencarian nilai tertinggi, terendah, rata-rata dan perhitungan jumlah data).
7. Peserta didik mampu menggunakan fungsi teks
7.1. Fungsi teks dapat diketahui dan digunakan sesuai dengan kebutuhan (left, right, mid, upper, lower, value)
7.2.
8. Peserta didik mampu menggunakan fungsi logika
2.1. Fungsi logika dapat diketahui dan digunakan sesuai dengan permasalahan
9. Peserta didik mampu menggunakan fungsi pembacaan tabel
9.1. Fungsi pembacaan tabel dapat diketahui dan digunakan sesuai dengan permasalahan (hlookup, vlookup).
10. Peserta didik mampu menggunakan fungsi pengurutan dan penyaringan data
10.1. Data diurutkan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kriteria tertentu
10.2. Data disaring sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kriteria tertentu
10.3. Subtotal dibuat sesuai dengan kebutuhan masalah pivot table dapat diketahui dan digunakan sesuai dengan kebutuhan
11. Peserta didik mampu membuat grafik
11.1. Grafik dapat dibuat sesuai dengan prosedur yang benar
11.2. Grafik dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan
12. Peserta didik mampu mencetak laporan
12.1. Setting Laporan, tampilan laporan dan pencetakan laporan dapat dilakukan.
12.2. Mencetak dengan networking
Level : IV
Judul Unit : Mengoperasikan Software Presentasi (Power Point)
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Uraian
1. Peserta didik mampu mengenal dan mengetahui berbagai sofware yang termasuk dalam program presentasi
1.1. Salah satu dari berbagai ragam software yang termasuk dalam kelompok program presentasi dapat dikenali dan dioperasikan
2. Peserta didik mampu membuat slide
2.1. Slide presentasi, penyimpanan presentasi, membuka presentasi dapat diketahui dan dilakukan
3. Peserta didik mampu menggunakan fungsi menu dan toolbar
3.1. Menu bar dan toolbar dapat digunakan dan dipahami dengan baik
4. Peserta didik mampu membuat slide dengan tampilan yang berbeda
4.1. Slide dengan bermacam-macam tampilan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan
5. Peserta didik mampu membuat dan memodifikasi teks dan gambar pada slide.
5.1. Tampilan object pada slide dapat dibuat menggunakan menu drawing
6. Peserta didik mampu membuat animasi, slide transition, action button, dan penyajian presentasi
6.1. Animasi pada slide, pergantian slide, presentasi slide, dapat diatur
7. Peserta didik mampu menampilkan dan mencetak slide
7.1. Tampilan slide dapat ditampilkan pada media layar monitor dan dicetak ke kertas
Level : V
Judul Unit : Mengoperasikan Software Internet (Browser dan Email)
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Uraian
1. Peserta didik mampu mengetahui berbagai software browser dan email client
1.1. Salah satu dari berbagai software browser dan email dapat diketahui dan dioperasikan
2. Peserta didik mampu mengoperasikan web browser dan email client
2.1. Software email client terinstall dengan benar
2.2 Koneksi ISP dapat dilakukan
2.3 Alamat web ditulis dengan benar
2.4 Istilah-istilah web dan email teridentifikasi
2.5 Konfigurasi SMTP server, POP server, IMAP server account email, default user dan password diisi dengan benar
3. Peserta didik mampu menggunakan fungsi menu dan toolbar
3.1. Menu bar dan toolbar dapat dipahami
4. Peserta didik mampu mengambil, membaca, membuat dan mengirim email
4.1. Account email telah dimiliki
4.2 Lembar surat baru dapat dibuat dan dikirim
4.3 Email yang masuk dapat dibuka, dibaca
4.4 Email dapat dibalas ke sipengirim atau ke orang lain
4.5 Email dapat dikirim dengan sisipan-sisipan file
5. Peserta didik mampu mencetak, menyimpan web dan email
5.1. File-file hasil browsing dapat disimpan pada media yang tersedia
5.2 Link tertentu dapat disimpan pada media yang tersedia (download).
Standar Kompetensi Lulusan Operator Komputer memudahkan kita mengacu pd standar tersebut, terima kasih informasinya pak....bravo bint com
BalasHapussip sy pingin maju seperti anda
BalasHapusterima kasih penjelasannya bapak
BalasHapusthjanks
BalasHapus